Just another WordPress.com site

Hal yang ingin saya lakukan untuk melestarikan kehidupan di Bumi bisa dilakukan mulai dari hal yang paling kecil dan mungkin sudah diajari sejak kecil yaitu membuang sampah pada tempatnya. Namun, sekarang membuang sampah juga tidak semua sampah dicampur. Melainkan memilah sampah yang bersifat organik dan anorganik. Karena biasanya sampah organik masih bisa didaur ulang dan dimanfaatkan lagi. Selain itu juga di rumah kita bisa melakukan penghematan penggunaan air dan listrik. Penghematan tersebut seperti menggunakan listrik seperlunya. Pada siang hari dimatikan dan memanfaatkan cahaya matahari yang masuk ke rumah sebagai pengganti lampu dan pada penggunaan air tidak membiarkan air mengalir terus untuk hal yang tidak berguna.

Hal kecil lain bisa dengan menghemat pemakaian plastik yang bila dipakai berlebihan bisa memberikan dampak negatif untuk kita. Selain itu juga mengurangi dampak global warming juga. Lalu bisa dengan mencoba gerakan jalan kaki atau menggunakan sepeda untuk mengurangi dan menghindari adanya asap kendaraan. Karena asap kendaraan seperti karbon monoksida dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada manusia yang dapat merangsang timbulnya sejumlah penyakit. Kelompok yang terkena terutama bayi, orang tua dan golongan berpenghasilan rendah biasanya tinggal di kota-kota besar dengan kondisi perumahan dan lingkungan yang buruk. Adanya sulfur oksida, asam sulfur, pertikulat dan nitrogen dioksida telah menunjukkan sebagai penyebab dan pencetus asthma brochiale, bronchitis menahun dan emphysema paru.

Mengurangi polusi yang dihasilkan dari asap rokok juga. Karena pengguna rokok itu biasanya bisa terkena kanker. Penyakit tersebut bisa menyebabkan meningkatnya angka kematian di setiap negara. Tetapi, yang lebih parah bukan hanya pada pengguna saja. Perokok pasif atau yang menghirup asap rokok secara tidak langsung juga dapat mengalami gangguan kesehatan juga mungkin lebih parah.

Mulai melakukan gerakan menanam tanaman baik pohon atau tanaman lain. Daripada tanah kosong yang ada digunakan untuk pembangunan pabrik-pabrik yang menambah polusi lebih baik digunakan untuk menanam pohon. Karena dengan begitu maka Bumi kita akan terlihat hijau dengan adanya tanaman yang membuat sejuk dan jauh dari polusi. Dengan begitu maka manusia di bumi ini akan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Akhir-akhir ini di berita banyak kita lihat banyak sekali bencana yang terjadi di Bumi kita. Hal ini sangat memprihatinkan sekali untuk kita. Namun, bencana-bencana tersebut ada akibat ulah manusia sendiri yang tidak mau menjaga lingkungannya dengan baik. Padahal, bila manusia di Bumi ini mau memperhatikan lingkungan di sekitarnya mungkin bencana seperti banjir, tanah longsor tidak akan terjadi. Maka dari itu, sebaiknya makhluk di Bumi ini mulai memperhatikan hal-hal yang berdampak negatif bagi kehidupan di Bumi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: