Just another WordPress.com site

Rasa ingin tahu muncul dalam setiap pikiran manusia. Rasa ingin tahu pun bermacam-macam bentuknya. Banyak hal yang membuat manusia memiliki rasa ingin tahu. Rasa ingin tahu itu muncul bisa dikarenakan ada hal-hal yang baru dilihat. Rasa ingin tahu akan sesuatu itu sudah ada sejak dulu. Rasa ingin tahu sama seperti rasa penasaran. Contohnya saja di zaman prasejarah, makhluk purba saja sudah memiliki rasa ingin tahu saat melihat benda baru yang dilihat. Seperti darimana api berasal di sebuah kayu.

Pengetahuan juga bisa muncul dari rasa ingin tahu. Keinginan untuk mencoba hal baru yang sudah diamati akan menghasilkan sebuah pengetahuan. Seperti anak kecil yang melihat acara tarian di televisi karena dia ingin tahu gerakan-gerakan yang diamati di televisi. Akhirnya anak kecil tersebut mencoba mengikuti gerakan tarian tersebut. Anak kecil itu juga akan terus mencoba sampai rasa ingin tahu tentang gerakan tersebut sudah bisa diikuti.

Orang-orang zaman dahulu banyak yang membuat pemikiran yang mungkin sekarang dikenal dengan legenda. Seperti legenda Gunung Tangkuban Perahu yang awal mulanya diceritakan seorang pria bernama Sangkuriang kecewa karena ditolak oleh Dayang Sumbi yang tak lain adalah ibunya sendiri. Akhirnya dia menendang kapal hingga terbalik. Legenda ini ada karena ada seseorang yang melihat Gunung Tangkuban Perahu seperti kapal yang terbalik. Maka dari itu muncullah legenda ini. Pengetahuan ini akhirnya dianggap sebagai cerita rakyat. Padahal, hal ini masih belum bisa dicari tahu kebenarannya. Sebenarnya masih banyak lagi contoh yang lain.

Manusia memiliki keistimewaan dibanding makhluk Allah yang lain. Karena manusia memiliki akal untuk berpikir yang dari kecil hingga dewasa selalu mengalami perkembangan. Maka dari itu, sekarang banyak sekali anak kecil yang suka bertanya kepada yang lebih dewasa yang membuat anak kecil tersebut terlihat kritis dengan pertanyaannya. Hal tersebut muncul karena anak kecil tersebut memiliki rasa ingin tahu akan sesuatu yang baru dilihatnya. Rasa ingin tahu itu tidak akan pernah berhenti muncul dalam otak manusia. Sebab, setiap melihat atau mendengar hal yang baru yang membuat penasaran disitulah akan muncul yang namanya rasa ingin tahu. Tapi, sekarang rasa ingin tahu kadang sudah disalah gunakan ke hal yang negatif. Maka dari itu, mulai sekarang mulai mengarahkan rasa ingin tahu ke arah yang positif.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: