Just another WordPress.com site

manusia dan budaya

Budaya berasal dari bahasa Sansekerta yakni “buddhayah” dalam bentuk jamak yaitu budi atau akal. Kebudayaan sendiri merupakan hal-hal yang merupakan hasil pemikiran atau sesuatu yang dihasilkan melalui pikiran manusia. Manusia merupakan makhluk ciptaan Allah yang memiliki ruh, jasad, hidup, nafas, dan juga akal pikiran. Setiap manusia pun memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Ada yang pada dasarnya berkepribadian baik dan ada yang buruk seperti memilik ego yang sangat tinggi. Manusia juga tidak bisa hidup sendiri maka dari itu manusia merupakan makhluk sosial dimana mereka saling membutuhkan satu sama lain.

Setiap manusia di dunia ini pasti memiliki keterampilan dalam menghasilkan karya dari hasil pemikiran mereka. Hasil-hasil karya tersebut merupakan budaya. Seperti adat istiadat, kesenian, kerajinan tangan, kebiasaan, dll. Di Indonesia ini banyak sekali memiliki budaya yang beragam. Tapi, kadang pengertian budaya ini disalahartikan ke hal yang kurang baik. Walaupun suatu budaya merupakan hasil pemikiran manusia tapi itu lebih mengarah ke hal-hal yang positif. Jangan seperti tawuran yang marak sekali diperbincangkan itu sebagai budaya karena hal tersebut bukan budaya.

Suatu daerah pasti juga memiliki budayanya masing-masing. Maka dari itu budaya juga bisa disebut sebagai identitas bangsa. Budaya di Indonesia dengan negara lain pasti berbeda satu sama lain. Adanya bahasa, adat istiadat, dan kebiasaan di suatu daerah itu menunjukkan bahwa sekumpulan manusia di daerah tersebut sudah memiliki atau sudah mengenal budaya. Keanekaragaman budaya di dunia ini tetap harus berujung pada rasa ingin bersatu antarmanusia dan saling mengenal budaya lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: