Just another WordPress.com site

Budaya Indonesia

Budaya di negara Indonesia banyak sekali elemennya yaitu berupa tarian, makanan khas, kerajinan tangan, alat musik, senjata atau alat perang, pakaian tradisional, dan masih banyak lagi. Setiap daerah memiliki tarian yang berbeda, pakaian adat yang berbeda. Tapi, semua hal yang berbeda itu jangan membuat jauh dari rasa persatuan. Namun sebaliknya karena ada perbedaan meningkatkan rasa ingin bersatu. Layaknya semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

Melihat budaya yang ada di Indonesia saat ini sudah banyak dari budaya yang ada itu diklaim oleh negara tetangga seperti Malaysia. Contohnya yaitu seperti lagu Rasa Sayange yang katanya itu merupakan lagu dari Malaysia tetapi seperti yang kita tahu lagu tersebut berasal dari Maluku. Selain itu juga kain batik, reog ponorogo, kuda lumping, alat musik gamelan, kain ulos, dll. Hal ini mengapa bisa terjadi? Apa karena di Indonesia kurang bisa menjaga hasil budaya yang ada? Setelah berbagai hasil budaya yang diklaim oleh Malaysia bagian dari negara kita yakni dulu Ambalat diperebutkan. Karena daerah tersebut memiliki Sumber Daya Alam yang baik.

Sebaiknya pemerintah Indonesia lebih bisa menghimbau penduduknya untuk menjaga budaya yang telah ada dan dipertunjukan ke negara lain agar tidak ada yang mengklaim lagi. Sesungguhnya Indonesia kaya akan sekali budaya bila bisa menjaganya dengan baik dan melestarikannya hingga nanti. Kebudayaan yang di indonesia sekarang ini juga sudah mulai dipengaruhi oleh budaya dari Tionghoa, India, dan Arab juga budaya barat. Semua budaya yang masuk itu bisa mengarah ke yang positif dan negatif. Sebaiknya untuk lebih selektif lagi terhadap budaya asing yang masuk agar tidak mengurangi nilai budaya yang sudah ada sejak dulu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: